Judulnya Tidak Ada

Mencoba memantau statistik pengunjung blog ini, rasanya saya diingatkan dengan salah satu sifat atau kondisi semangat seseorang, ya…naik dan turun. Atau, bagi sahabat yang muslim, kita sering mendengar Al-imanu yazid wa yanqus, iman itu bertambah dan berkurang, naik dan turun. Ya seperti tadi topik awal yang coba sedang kita bahas, naik dan turun, begitulah pengunjung di blog ini hehe….

Ada sebuah kesimpulan dari analisa ecek-ecek saya, bahwa jumlah pengunjung blog ini sangat di tentukan oleh kondisi post yang ada di blog tersebut. Apakah post atau tulisan yang ada di blog tersebut selalu update atau dari tahun kapan sampai tahun sekarang isinya kok itu-itu saja. Kalo boleh meminjam istilah yang pernah saya dapatkan ketika mengikuti pelatihan blog gratisan (gratisan karena saya dibayarin😀 ), blognya udah ada sarang laba-labanya, karena memang sudah tidak pernah diapa-apain.

Untuk mencoba menaikkan pengunjung blog, maka para pemilik blog haruslah memiliki kemauan yang keras dan didukung dengan kecerdasan menulis yang memadai hehe… Seperti yang sudah saya katakan, bahwa pengunjung memang berbanding lurus dengan anget atau engga’nya blog, maka para blogger harus memiliki kemampuan untuk menulis dan mengupdate blognya dengan sangat rutin. Tentu rutin yang saya sampaikan disini bukan rutin setahun sekali, atau sebulan sekali, tapi minimal sepekan sekali.

Masalah menjadi tambah runyam, ketika kita para blogger ternyata tidak memiliki ide untuk menulis. Mau nulis apa, ga ada ide, ga ada cerita atau ga ada yang pas untuk dishare. Atau bisa jadi ada ide, ada cerita dan ada yang pas buat dishare, tapi justru tidak ada waktu untuk menulisnya. Betapa indahnya dunia ini kalo ada sebuah aplikasi yang bisa mengubah apa yang kita pikirkan menjadi sebuah tulisan. Menurut seorang teman, jika para blogger mengalami kondisi seperti ini, maka tulislah bahwa anda sedang tidak punya ide, tidak punya gagasan, tidak punya cerita atau tidak punya waktu untuk menulis. Dan akhirnya jadilah tulisan itu.

Saran ini mengingatkan saya pada kisah tanpa kasih beberapa tahun yang lalu. Ketika saya dengan beberapa teman setiap waktu tertentu berkumpul dan kemudian membahas sesuatu. Dan disetiap akhir dari pertemuan itu diisi dengan sebuah nasihat untuk memotivasi satu sama lain. Suatu saat, pertemuan akan berakhir dan ternyata tidak ada yang bersedia memberi nasihat, kalau terjadi kondisi seperti ini, secara default, yang mimpin akan memberi nasihat. Sialnya, ternyata saya yang memimpin pertemuan itu.

Akhirnya, saya pun teringat dengan salah satu pesan salah seorang guru kaporit saya yang ada di dalam 73 seni kehidupan produktif. Salah satu dari 73 kunci seni hidup produktif itu adalah tidak ada. Ya…tidak ada. Bukan tidak ada kuncinya, tapi sebuah prinsip bahwa tidak ada yang bisa menghalangi kesuksesan kita dan tidak ada yang bisa membuat diri kita menjadi sukses kecuali diri kita sendiri…..

Maka tidak ada juga yang akan menulis dan mengurus blog kita kecuali diri kita sendiri. Tapi ingat, sahabat jangan pernah berprinsip, tidak ada yang mengunjungi blog kita kecuali diri kita sendiri hehehe….. Yakinlah apa yang dikatakan rudi eh yakinlah bahwa akan ada tupai yang terjatuh setelah sekian kali melompat seperti keyakinan bahwa akan ada orang yang mengunjungi blog kita walaupun menurut kita blog kita not gud, walaupun harus menunggu seribu tahun untuk mendapatkan satu pengunjung atau walaupun walaupun yang lain. Kuncinya satu, tidak ada yang care dengan blog kita kecuali kita care dengan blog kita sendiri sebelumnya…

SALAM KREATIVITAS TANPA BATAS!!!

11 Responses to “Judulnya Tidak Ada”


  1. 1 ArqomAlifH June 25, 2010 at 10:16 am

    saya beri satu tanggapan di artikel ini :malu:

  2. 4 maspraset June 30, 2010 at 9:26 am

    so pasti donk…😛

  3. 5 Rusmaya July 1, 2010 at 2:39 am

    belentang – belentong
    judul nya ya ga???
    kekekeke…:)

  4. 7 Segores Pena di Sebuah Zaman July 2, 2010 at 1:20 pm

    bukan sarang laba-laba lagi, mungkin dah jadi sarang nyamuk,tikus,cicak,semut…
    ditinggal hibernasi pemiliknya😀

  5. 9 Hasnul Suhaimi July 9, 2010 at 4:00 am

    Ass, blognya menarik, salam kenal.

    Salam
    Hasnulsuhaimi.com

  6. 11 nana August 23, 2012 at 4:09 am

    baru tau anae klo ganz suka tulas tulis mantap lah ganz artikelnya.
    kata SBY lanjutkan !!!!!!!!!!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: